Diabetes

Penyakit Diabetes dan solusinya 

Penyakit diabetes adalah penyakit metabolisme yang ditandai dengan tingginya gula darah. Hal ini disebabkan oleh kurangnya sekresi insulin atau gangguan kerja pada insulin. Hal ini berkaitan erat dengan faktor genetik. Gula darah tinggi dan gangguan metabolisme jangka panjang akan membuat organ tubuh seperti mata, ginjal, pembuluh darah dan sistem saraf mengalami kerusakan, gangguan dan bahkan gagal organ tubuh.
Penyakit diabetes dibagi menjadi diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, diabetes gestasional dan diabetes jenis lainnya.
Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 ini juga disebut sebagai diabetes yang bergantung pada insulin. Penderita banyak yang berasal dari kalangan anak-anak atau remaja. Penyakit ini mungkin adalah sejenis penyakit imun. Dalam keadaan ini, sistem kekebalan tubuh menyerang sel beta yang menghasilkan insulin, sehingga menyebabkan tubuh kita tidak bisa memproduksi insulin. Penderita harus melakukan injeksi insulin untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Ini adalah penyakit bawaan yang diturunkan secara genetik.
Diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 disebut juga sebagai diabetes yang tidak bergantung pada insulin. Tipe ini sering ditemukan pada orang dewasa (terlebih pada penderita obesitas). Tipe ini dapat membuat penderita menjadi kurus.
Penyebab penyakitnya mencakup :
Rendahnya insulin, sehingga tubuh tidak dapat mempergunakan insulin dengan efektif
Produksi insulin yang menurun sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita.
Diabetes Gestasional

Ini adalah komplikasi yang timbul pada masa perinatal. Diabetes ini bisa menyebabkan komplikasi malformasi janin, gawat janin, kematian janin, hipoglikemia pada bayi yang baru lahir, bayi yang terlalu besar, kesulitan atau mati saat persalinan.
Diabetes jenis lainnya

Beberapa penyebab terjadinya diabetes yang berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional, antara lain:
Cacatnya gen sel beta ( sel beta yang menghasilkan insulin )
Resistensi insulin
Penyakit pankreas
Ketidakseimbangan hormon
Bahan kimia atau obat-obatan
Penyebab penyakit diabetes

Faktor turunan
Dalam diabetes tipe 1, pentingnya faktor turunan mencapai 50%. Dan pada diabetes tipe 2 faktor turunan mencapai lebih dari 90%.
Faktor psikis
Kondisi psikis yang tegang, emosi yang tinggi dan berbagai kondisi stress dapat menyebabkan naiknya gula darah.
Mengkonsumsi berlebihan dalam jangka panjang
Mengkonsumsi berlebihan tanpa dikontrol, kelebihan gizi sehingga menyebabkan diabetes.
Faktor obesitas
Hingga saat ini, obesitas menjadi penyebab utama dari diabetes. Sekitar 60%-80% penderita diabetes dewasa tergolong sebagai obesitas
Kehamilan
Kuantitas kehamilan berkaitan dengan timbulnya diabetes. Kehamilan banyak kali dapat menyebabkan diabetes.
Infeksi
Diabetes pada anak-anak berkaitan erat dengan infeksi virus.
Faktor genetik
Tidak peduli jenis diabetes yang manapun, tidak peduli apakah timbul karena diturunkan, karena faktor lingkungan, karena infeksi virus. Kesimpulan yang di dapat adalah penyakit ini timbul karena rusaknya genetik. Boleh dikatakan penyakit diabetes adalah penyakit genetik.
*Informasi kasus pasien hanya untuk referensi, setiap kondisi pasien masing-masing berbeda dan hasil pengobatanpun tidak akan sama. Kalau Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai stem sel,silahkan menghubungi dokter ahli kami.
Pengaturan Pola Hidup Penderita Diabetes Untuk Mencegah Komplikasi Kerusakan Organ-Organ Tubuh

Darmono, Darmono (2005) Pengaturan Pola Hidup Penderita Diabetes Untuk Mencegah Komplikasi Kerusakan Organ-Organ Tubuh. Documentation. Diponegoro University Press, Semarang.
Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang berlangsung kronik progresif, dengan manifestasi gangguan metabolisme glukosa (gula) dan lipid (lemak), disertai oleh komplikasi kronik penyempitan pembuluh-pembuluh darah, dengan akibat terjadinya kemunduran fungsi sampai dengan kerusakan organ-organ tubuh. Manifestasi klinik yang sering terjadi adalah kerusakan mata, otak, jantung, ginjal, dan pembusukan kaki. Penegakan diagnosis seawal mungkin yang diikuti terapi efektif, menjanjikan harapan bagi setiap penderita diabetes, akan terhindar dari berbagai komplikasi tersebut. pengaturan pola hidup seawal mungkin bagi setiap penderita diabetes merupakan dasar yang paling utama dalam program pengobatan penyakit ini. Pola hidup diabetes yang benar meliputi-beberapa aspek, yaitu pengaturan makan atau diit, olahraga atau latihan fisik, mengurangi kelebihan berat badan, menghindari stress, menerima kenyataan dengan rasional dan optimis, menjaga kebersihan tubuh dan menghindari trauma untuk mencegah infeksi, konsumsi tablet penurun kadar gula darah, dan suntikan insulin. Berbagai komponen dalam pengaturan pola hidup tersebut bertujuan mengendalikan kadar gula darah dan lemak darah menjadi atau mendekati normal, sehingga penyempitan pembuluh darah yang akan mengakibatkan kerusakan organ-organ tubuh dapat dicegah, atau paling tidak dapat diperlambat proses kejadiannya. Perlu ditegaskan kepada setiap penderita diabetes, bahwa sekali diagnosis ditegakkan, harus diterima dengan rasional dan optimis, segera mengubah pola hidup semula dengan pola hidup diabetes, dengan harapan berbagai komplikasi diabetes dapat dihambat perkembangannya, sehingga kesehatannya dapat dipertahankan untuk menjamin kesejahteraan di hari tua.

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: