menjaga kesehatan di bulan ramadhan

MENJAGA KESEHATAN DI BULAN RAMADHAN

 

Phytochi herbal kesehatan di bulan puasa

Menjelang Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim, karena pada bulan Ramadhan semua amalan kita dilipat gandakan, selain itu masih banyak keberkahan yang bisa kita dapatkan dibulan ramadhan ini, di bulan ramadhan kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa dimana puasa adalah kondisi kita menahan hawa nafsu dan juga menahan lapar dan haus semenjak imsyak sampai menjelang maghrib, dan bagi yang tak terbiasa menjalankan puasa maka akan ada masalah tersendiri untu kesehatan anda, maka dari itu kami ada beberapa tips khusus untuk menjaga kondisi tubuh anda agar tetap sehat dan fit saat anda menjalankan puasa di bulan ramadhan.

Berikut adalah beberapa tips sehat selama Bulan Puasa Ramadhan :

Tips Puasa Ramadhan : Makan Sahur

  • Atur waktu anda untuk menyantap sahur di akhir waktu. Selain berguna untuk menunjang puasa anda di siang hari, makan sahur di akhir waktu lebih diutamakan berdasarkan sunnah Rasul.
  • Makanlah dengan porsi normal, jangan berlebihan. Fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Menyantap makanan yang mengandung banyak air selama sahur juga sangat baik untuk hidrasi tubuh anda sepanjang hari.
  • Akhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh anda. Minumlah suplemen ataupun multivitamin yang biasa anda konsumsi ataupun yang disarankan oleh dokter anda.
  • Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
  • Minum air yang cukup. Sebelum waktu imsak tiba, minumlah air yang cukup, tiga hingga lima gelas. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena bersifat diuretik dan membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat melalui urinasi.

Tips Puasa Ramadhan : Selama Berpuasa

  • Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik.
  • Jika ada waktu, sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh anda, dan mengganti waktu tidur yang kurang karena bangun lebih awal untuk sahur. Waktu setelah sholat zuhur merupakan saat yang tepat untuk beristirahat.
  • Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun yoga. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Tips Puasa Ramadhan : Buka Puasa

tips puasa ramadhanKurma kering, baik untuk berbuka

  • Saat waktu buka puasa tiba, jangan makan dengan berlebihan. Sebaiknya ikuti sunnah, yaitu dengan buah kurma dan minuman yang manis: bisa dengan susu, jus buah, atauapun sekedar air. Minumlah cukup air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.
  • Makanlah sesuai dengan porsi anda yang biasa, tidak perlu berlebihan. Cukupkan dengan karbohidrat, protein, serta sayuran dan buah-buahan.
  • Hindari makan gorengan berlebihan, serta batasi makanan yang pedas, agar perut tidak menjadi mules dan mengganggu pencernaan tubuh anda.
  • Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur.

Berikut ini adalah delapan jenis gangguan kesehatan yang biasa muncul saat puasa di bulan Ramadhan :

1. Gangguan Pencernaan
Penyebabnya, makan berlebihan. Terlalu banyak makanan goreng, berlemak, dan pedas, misalnya telur, kubis, dan kacang. Minuman berkarbonasi seperti soda juga menghasilkan gas. Oleh karena itu, jangan makan berlebihan dan minum jus buah. Hindari pula makan makanan yang digoreng.

2. Konstipasi atau Sembelit
Konstipasi atau sembelit bisa menyebabkan wasir dan gangguan pencernaan dengan perasaan kembung. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak makanan olahan, kekurangan cairan, dan tak cukup serat. Untuk mencegah konstipas atau sembelit saat puasa, hindari makanan olahan yang berlebihan dan tingkatkan asupan air.

3. Maag
Maag terjadi karena gangguan asam lambung akibat tak adanya asupan makanan selama sekitar 14 jam. Gejalanya ditandai dengan sakit pada ulu hati, mual, dan pusing.

Untuk mencegah maag saat puasa Ramadhan, perbanyak konsumsi makanan mengandung serat saat sahur, sehingga pengosongan lambung berjalan lebih lambat. Kombinasikan dengan karbohidrat kompleks untuk menjaga kecukupan kadar glukosa dalam tubuh. Dan yang penting, jangan menunda waktu berbuka puasa.

4. Gula Darah Rendah
Lesu, pening, mudah lelah, konsentrasi buruk, mudah berkeringat, merasa goncang (tremor), tak dapat melakukan aktivitas fisik, sakit kepala, adalah gejala gejala yang sering dijumpai pada penderita gula darah rendah. Untuk penderita yang bukan termasuk penderita diabetes, gejala ini disebabkan karena memiliki terlalu banyak gula, misalnya terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat saat sahur. Karena tubuh menghasilkan banyak insulin, dan membuat glukosa darah menurun, yang membuat tubuh lemas.

Untuk mencegah mengalami gangguan gula darah rendah, kurangi makanan yang manis-manis saat sahur. Untuk penderita diabetes (kencing manis), dianjurkan berkonsultas dengan dokter mereka untuk menjalani puasa.

5. Tekanan Darah Rendah
Keringat berlebihan, lemas, lesu, kurang tenaga, pusing (terutama saat bangkit dari tempat duduk), muka pucat dan serasa akan pingsan adalah gejala tekanan darah rendah. Gejala itu umumnya muncul di sore hari.

Untuk mengatasinya, tambahkan porsi minuman dan garam di malam hari dan perbanyak istirahat di sore hari. Bila tekanan darah tetap juga rendah, konsultasi dengan dokter.

6. Sakit kepala
Sakit kepala ketika sedang berpuasa ini biasanya terjadi pada orang yang kurang tidur, perokok, dan penggemar kopi. Kurangnya asupan kafein dan nikotin yang biasa diperoleh di siang hari bisa menyebabkan pusing. Untuk mengatasinya, kurangi asupan kafein dan tembakau secara perlahan satu atau dua minggu sebelum Ramadhan. Penuhi juga kebutuhan tidur Anda sekalipun mesti bersahur.

7. Hipoglikemia
Hipoglikemia adalah penyakit akibat turunnya kadar glukosa dalam darah hingga di bawah tingat normal. Gejalanya: cemas, gemetar, berdebar-debar, lemas, keringat berlebih, bingung, kesulitan bicara, dan penglihatan kabur.

Untuk mencegah hipoglikemia, bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi sumber gula alami yang bersifat kompleks, seperti buah-buahan segar. Perbanyak juga asupan air putih dan kurangi asupan garam dalam makanan.

8. Kurang Konsentrasi dan Mengantuk
Kurangnya konsentrasi biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi mineral dan serat yang cukup. Keseringan begadang juga akan menambah buruk keadaan. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C serta perbanyak minum air putih. Sediakan waktu juga untuk sekedar istirahat atau tidur.

Herbal alami untuk menjaga kesehatan dan stamina tetap fit saat bulan puasa

PHYTOCHI

Apa itu Phitochi ?

Manfaat dan fungsi Phytochi untuk kesehatan

Penjelasan PHYTOCHI Herbal Alami  Pengobatan  berbagai Penyakit menurut SIN SHE TUI NA , adalah sinshe ahli sakit STROKE  Phytochi adalah minuman kesehatan yang semua bahan bakunya adalah herbal alami. Yang diciptakan oleh seorang ahli Dr. Albert Leung. Pakar seperti ini sangat bisa dipercaya. Phytochi ini mengandung 16 Herbal yang dibutuhkan tubuh.

Fungsi Phytochi :

  • Melancarkan Darah
  • Menjaga tubuh tetap fit
  • Menambah Energi
  • Menjaga Keseimbangan Tubuh
  • Menjaga Jantung
  • Menjaga Paru-paru
  • Menguatkan Ginjal
  • Menjaga Pencernaan
  • Menutrisi Otak
  • Melancarkan Darah
  • Membuka Sumbatan Pembuluh Darah
  • Menguatkan Ginjal & Lever

Kandungan PhytoChi

aloe vera Kandungan PhytochiLidah buaya (aloe vera)
Sebuah ramuan penting dalam pengolahan makanan-dan industri farmasi. Ini memiliki efek menyegarkan cukup, menyembuhkan luka bakar, iritasi kulit, goresan dan luka-luka. Sebuah gel dari daun digunakan.
Aloe vera
Bersifat anti bakteri dan anti jamur, kandungan polisakridanya menstabilkan gua darah dan menurunkan kadar lemak tubuh.
Ginseng%2520Siberia Kandungan PhytochiGinseng Siberia (Eleutherococcus senticosus)
Bersifat adaptogen, meningkatkan imunitas, meningkatkan kebugaran dan mengatasi kelelahan, meningkatkan daya ingat dan antiradang (inflamasi)
Ini memiliki efek restoratif dan merangsang, memperkuat ligamen dan tulang pada khususnya, rematik obat dan membersihkan darah. Hal ini digunakan untuk pembengkakan, sakit punggung, kaki lemah dan impotensi. Akar dan rimpang yang digunakan.
Notoginseng%2520%2528Panax%2520Notoginseng%2529 Kandungan PhytochiNotoginseng (Panax Notoginseng)
Sifat hemostatisnya membantu mengatasi gangguan peredaran darah, juga membantu pembentukan sel-sel tubuh.
Membantu dengan kelemahan keseluruhan, kelelahan kelelahan, mental dan fisik, kaki dingin, cardiasthenia, insomnia, rematik, dan impotensi. Akar kering yang digunakan.
Amerika%2520Ginseng Kandungan PhytochiAmerika Ginseng (Panax quinquefolius, american)
Gingseng amerika untuk Membantu mengatasi stress dan kelelahan tubuh. Bersifat adaptogen, bersifat anti radang (inflamasi). Memelihara sistem pernapasan dan meredakan batuk, menstabilkan kadar gula darah
Memiliki efek pendinginan, memuaskan kehausan, bekerja melawan demam, heatstroke dan sengatan matahari. Akar kering yang digunakan.
Schisandra Kandungan PhytochiSchisandra (chinensis Schisandra)
digunakan sebagai tonik bersifat adaptogen dan membantu melindungi liver. Dalam TCM juga digunakan untuk memelihara ginjal dan menyeimbangkan cairan tubuh.
Sebuah antioksidan alami yang sangat kuat. Digunakan untuk batuk, asma, impotensi, insomnia, kelelahan diare kronis, fisik dan penyakit hati. Buah kering dan matang digunakan.
aastragalus Kandungan PhytochiAstragalus (Astragalus Membranaceus)
Salah satu herbal dasar di TCM, sebagai tonik untuk meningkatkan metabolisme dan imunitas, memperbaiki fungsi paru dan pencernaan, juga membantu mengatasi kelelahan
Digunakan untuk bengkak, nyeri sendi, radang kronis, luka tahan api, borok dan diabetes. Cures kelemahan keseluruhan dan kehilangan nafsu makan. Akar digunakan.
Cherokee%2520Rose Kandungan PhytochiCherokee Rose (Rosa laevigata)
Sebuah stimulan untuk pria. Juga digunakan untuk kondisi perempuan, keringat malam, batuk kronis dan tekanan darah tinggi. Buah-buahan matang yang digunakan.
Mawar China
Bersifat bakterial, penurun kolesterol dan bersifat diuretik (memicu pembentukan air seni) membantu penyembuhan gangguan saluran kemih, bersifat penyubur untuk gangguan fertilitas
Lingzhi%2520Mushroom Kandungan PhytochiLingzhi Jamur (Ganoderma lucidum)
merupakan herbal utama dalam pengobatan timur karena manfaatnya yang luas, memperkuat imunitas. Bersifat anti-tumor, menstabilkan tekanan darah
Meningkatkan memori, memiliki efek menguntungkan pada kulit, saraf dan menenangkan. Hal ini digunakan untuk masalah koroner, aritmia, tekanan darah tinggi, kehilangan nafsu makan dan penyakit kuning kronis. Berbuah tubuh jamur digunakan.
Cina%2520Liquorice Kandungan PhytochiCina Liquorice (Glycyrrhiza uralensis)
Diektrak dengan teknologi LIFE (licorice flavonoid exract), mengharmonisasikan kandungan herbal lainnya dalam Phytochi dan mengantarkannya ke 12 meridian utama tubuh.
Untuk mengatasi batuk, alergi, radang, sakit tenggorokan, ulkus lambung, insomnia dan keracunan. LIFE ® ekstrak flavonoid dari akar manis digunakan, yang tidak mengandung glycyrrhizin, melainkan ekstrak flavonoid terkonsentrasi.
Fo ti%2520%2528Polygonum%2520multiflorum%2529 Kandungan PhytochiPolygonum multiflorum
juga dikenal sebagai Fo-Ti, mengandung alkaloid yang menyegarkan syaraf, sel otak dan kelenjar endokrin, membantu detoksifikasi
Melindungi hati, yang digunakan untuk melawan tuberkulosis, ruam kulit, sembelit, pusing, tinnitus, insomnia, rambut rontok dan kelemahan keseluruhan. Bola lampu yang digunakan.
Cina%2520Cinnamon Kandungan PhytochiCina Cinnamon (Cinnamonum aromaticum)
Kayu manis
Membantu melancarkan pencernaa, mengaktifkan insulin dan juga membantu transport glukosa sehingga membantu mengontrol gula darah
Digunakan untuk mengobati denyut nadi lemah, sakit kepala, sakit pinggang, nyeri lutut, kesulitan bernapas, napas dipercepat, nyeri haid, sakit perut dan muntah-muntah. Kulit kayu dari cabang dan batang yang digunakan.
Ayub%2520Air%2520mata Kandungan PhytochiAyub Air mata (Coix Lacryma-jobi)
Membantu menjaga kesehatan sel tubuh, membantu menstabilkan kadar gula darah dan bersifat anti alergi.
Menguatkan ginjal, demam menenangkan, menghilangkan pembengkakan dan luka bernanah. Digunakan untuk sendi sakit, rematik, pembengkakan, kutil, eksim dan diare. Biji-bijian matang yang digunakan.
chamomile flowers Kandungan Phytochi Bunga matahari jerman
Membantu mengatasi iritasi usus, membantu mendapatkan tidur yang lelap, merupakan pencahar yang ringan, bersifat anti radang dan anti bakteri
Sebuah obat penenang alami yang sangat baik. Digunakan untuk insomnia, gugup, histeria, sakit kepala asal saraf dan epilepsi. Bunga kering dan buah-buahan yang digunakan.
goji Kandungan PhytochiGoji (Lycium chinense)
Goji Berry, Mengandung mikronutrien dan berbagai jenis pigmen fenolat yang bersifat antioksidan menjaga kesehatan jantung & pembuluh darah juga bersifat antiradang.
Meningkatkan visi/pengelihatan, manfaat kulit, ginjal dan hati memelihara. Membantu sakit punggung dan lutut, mual, diabetes, penglihatan kabur, radang dingin dan luka baring. Buah-buahan kering masak yang digunakan.
Kunyit%2520%2528Curcuma%2520longa%2529 Kandungan PhytochiKunyit (Curcuma longa)
Kunyit bersifat anti radang, membantu mengatasi gangguan pencernaan, bersifat antiseptik dan bersifat antioksidan
Memiliki efek anti-inflamasi, mengurangi rasa sakit, memperlakukan perut kembung, hati dan masalah menstruasi, sakit gigi, luka traumatis, tulang rusuk, dan sakit perut. Rimpang digunakan.
orange Kandungan PhytochiJeruk Mandarin (Citrus reticulata)
Membantu mengatur Chi (energi tubuh). Membantu mempelancar pencernaan, banyak digunakan juga pada ayurveda (pengobatan india).
Memiliki efek menguntungkan pada pencernaan, merangsang aktivitas mental dan positif mempengaruhi sistem saraf.
Banyak manfaat dari kandungan yang terdapat pada Phytochi, 16 herbal utama china yang digunakan merupakan herbal bermutu tinggi dengan khasiat yang bagus untuk kesehatan seluruh organ tubuh. Tidak diragukan lagi Phytochi merupakan herbal yang bagus untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Banyak khasiat untuk kesehatan yang terkandung dalam PhytoChi.
Testimoni Phytochi
Nama : Hj. Aji Saratul
Testimoni : Maag kronis dan Jantung
Selamat menjalankan ibadah puasa semoga artikel ini dapat membantu anda dlm menjalankan ibadah puasa.
UNTUK INFO LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KONTAK DI SAMPING WEBSITE
 
%d blogger menyukai ini: